Oleh-oleh Khas Kuningan Jawa Barat yang Bikin Ketagihan


Oleh-oleh khas Kuningan Jawa Barat ini akan membuat bisa Anda dapatkan dengan mudah ketika Anda berkunjung ke Kuningan. Kuningan merupakan kota yang berada di wilayah Gunung Ciremai, memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit dari kota Cirebon dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kota dengan udara dingin ini memiliki banyak obyek wisata alam dengan akses yang mudah menggunakan angkutan umum, meskipun beberapa mengharuskan pengunjung membawa kendaraan sendiri. Terlepas dari banyaknya obyek wisata yang berada di Kuningan, patut Anda coba pula oleh-oleh khas Kuningan ketika Anda bertandang, dari mulai camilan, minuman, dan lainnya bisa Anda dapatkan sekaligus jalan-jalan.

Beberapa oleh-oleh khas Kuningan yang bisa Anda nikmati diantaranya:

1. Kue Satu Kacang Hijau
Kue Satu Kacang Hijau, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat,  makanan khas kuningan
Kue Satu Kacang Hijau
Kue satu ini berbahan dasar kacang hijau makanan khas Kuningan dengan rasa yang cukup manis. Kacang hijau yang di bakar dan dihaluskan kemudian dicampur dengan gula halus, tidak sedikit pula yang menambahkan lada sebelum dibakar, sehingga selain manis, pedasnya bikin ketagihan. Tersedia dengan banyak level pedas. Untuk beberapa unit usaha, makanan ini bisa dipesan dengan rasa pedas sesuai selera. Lihat: Resep Kue Satu Kacang Hijau

2. Tape Ketan/Peuyeum Ketan
tape ketan, peuyeum kuningan, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat, makanan khas kuningan
Tape Ketan / Peuyeum Kuningan
Jika peuyeum Bandung terbuat dari fermentasi singkong, sedangkan peuyeum khas Kuningan terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan peragian. Peuyeum Kuningan dibungkus dengan daun jambu air dan dikemas dalam ember plastik hitam. Per wadah biasa berisi 100 bungkus tape ketan Kuningan dengan harga yang relatif terjangkau. Namun perhatikan tanggal kadaluarsa sebelum membeli.

3. Opak
Opak, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat,  makanan khas kuningan
Opak
Opak ini sejenis kerupuk yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus, ditambah garam, air, dan santan, kemudian diaduk, decetak, dikeringkan dan kemudian dibakar. Ada pula selain dibakar, yaitu digoreng. Terdapat dua rasa, manis yang sedikit kecoklatan, dan asin lebih putih. Diwilayah Linggarjati Kuningan, opak ini dibuat lebih kecil dengan bentuk persegi dan digoreng, mereka menyebutnya tigavo.

4. Kwecang
kwecang, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat, makanan khas kuningan
Kwecang
Sejenis bakcang tapi versi Kuningan, terbuat dari beras ketan berwarna dan dicampur dengan air apu. Kwecang dibungkus daun bambu lalu dikukus. Kwecang dapat dinikmati dengan gemblong, ketempling dan aneka keripik khas Kuningan lainnya.

5. Jeniper
Jeniper, makanan khas kuningan, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat
Jeniper
Jeniper merupakan jeruk nipis peras dan dikemas dalam botol seperti sirup. Kaya akan vitamin C, tanpa bahan pengawet dan memiliki khasiat dalam membantu mengobati penyakit seperti influenza, batuk, panas dalam, sariawan, sakit tenggorokan dan masuk angin. Rasanya yang masam menyegarkan diminum dingin di cuaca panas.

6. Papais
papais, makanan khas kuningan, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat
Papais Isi Pisang
Papais berbahan dasar beras ketan dihaluskan yang dibungkus daun pisang. Didalamnya berisi serutan kelapa, gula merah, atau terkadang irisan buah pisang.

7. Sirup Tjampolay
Sirup Tjampolay, campolay, makanan khas kuningan, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat
Sirup Tjampolay
Sirup tjampolay memiliki rasa yang bervariasi seperti melon, jeruk nipis, mangga gedong, nanas, rasa kopi moka, dan pisang susu. Rasa pisang susu menjadi favorit dengan rasanya yang khas dan warna sirupnya yang menarik, sehingga lebih enak dicampur dengan macam-macam aneka es.

8. Gemblong/Kecimpring
gemblong, kecimpring, oleh-oleh khas kuningan, makanan khas kuningan, jawa barat
Gemblong / Kecimpring
Kecimpring persis sejenis gemblong yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon yang diolah menjadi keripik gurih. Kecimpring ini memiliki bentuk bulat kembung dan kosong di bagian tengahnya. Sering pula disebut sebagai gemblong kembung.

9. Leupeut
leupeut, lepet, makanan khas kuningan, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat
Leupeut
Cemilan berbahan dasar ketan ini dibungkus dengan daun kelapa muda. Pembuatannya dicampur dengan parutan kelapa dan garam, ditambah kacang tanah dengan proses perebusan sampai 4-5 jam. Lihat: Cara Membuat Lepet

10. Uyah Seungit
uyah seungit, makanan khas kuningan, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat
Uyah Seungit
Uyah seungit merupakan sambal kering yang dapat ditambahkan kedalam berbagai jenis makanan. Berbahan dasar bawang merah yang digiling dan tersedia 3 pilihan level pedas yang membuat penikmatnya benar-benar ketagihan. Ini patut dicoba.

11. Ranginang
ranginang, makanan khas kuningan, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat
Ranginang
Ranginang Kuningan terbuat dari bahan dasar ketan setengah matang yang kemudian dibentuk membulat dengan tambahan garam, lalu dijemur hingga kering. Proses memasaknya cukup dengan digoreng saja.

12. Rujak Kangkung
rujak kangkung, makanan khas kuningan, oleh-oleh khas kuningan, jawa barat
Rujak Kangkung
Rujak kangkung Cibingbin Kuningan Jawa Barat. Jika suatu hari Anda berkunjung ke Kuningan, dan Anda tidak mencoba rujak kangkung, seharusnya Anda menyesal. Makanan dengan bahan dasar kangkung yang direbus sebentar kemudian diatasnya dituangkan sambal terasi pedas yang akan membuat Anda menolak untuk berhenti memakannya.

Jadi, dari beberapa oleh-oleh khas Kuningan di atas, yang mana yang pernah Anda coba? Jangan ragu untuk mencicipi semuanya, harganya jelas terjangkau. Namun jika Anda kesulitan untuk datang ke Kuningan dan tidak sempat, beberapa oleh-oleh khas Kuningan ini sudah tersedia secara online. Jadi Anda akan lebih mudah lagi mendapatkannya. Jika masih kesulitan, silakan hubungi kami di kontak situs ini. Terima kasih.

Related Articles

Oleh-oleh Khas Kuningan Jawa Barat yang Bikin Ketagihan
4/ 5
Post by

Subscribe

Like this article? Subscribe by email