Cara Membuat Lontong Daun Pisang


Cara Membuat Lontong Daun Pisang. Ada banyak makanan yang sulit sekali tidak disediakan di hari raya lebaran, salah satunya lontong. Makanan ini biasa dihidangkan dan disantap dengan masakan berkuah santan atau opor ayam. Lontong memiliki tekstur yang lembut serta efek dingin di mulut ketika disantap. Pada umumnya, lontong dibungkus dengan daun pisang, meskipun cara pembuatannya cukup sulit, namun rasanya akan lebih nikmat. Cara membuat lontong daun pisang ini harus hati-hati karena bisa saja tumpah dalam proses pembuatannya. Untuk isiannya juga harus dibersihkan hingga benar-benar besih agar mampu bertahan lama dan tidak cepat basi.
Cara Membuat Lontong Daun Pisang
Cara Membuat Lontong Daun Pisang
Untuk membuat lontong menggunakan daun pisang, silakan siapkan bahan-bahan berikut ini:
  1. Daun pisang, bisa daun pisang apa saja yang penting memiliki ukuran yang cukup, dan tidak terlalu tua atau muda. Dijemur dan dipanasi pada api kecil hingga layu, kemudian daun di lap dan dipotong kira-kira 20x30cm
  2. Ambil beras dengan kualitas yang baik kemudian rendam kurang lebih satu jam dalam air dingin, setelah selesai, angkat dan tiriskan.
  3. Batang lidi atau dari kayu seperti tusuk gigi baru misalnya, yang akan digunakan untuk mengunci atau menyemat ujung daun.
  4. Daun pandan secukupnya.
Setelah bahan-bahan disiapkan, berikut ini cara membuatnya:
  1. Gulung dua lembar daun pisang seperti silinder dengan bagian atas daun pisang berada di luar. Setelah dirasa cukup, semat salah satu ujung silinder menggunakan lidi. Lihat Gambar di atas, tahap satu menyiapkan daunnya yang sudah dipotong-potong.
  2. Masukkan beras yang sudah ditiriskan pada ujung silinder lainnya sampai tengah-tengah silinder saja. Berarti setengahnya silinder dibiarkan kosong.
  3. Tutup bagian gulungan atau silinder yang tadi digunakan memasukan beras menggunakan lidi.
  4. Masukkan ke dalam panci dengan posisi berdiri.
  5. Tambahkan air dingin hingga lontong terendang seluruhnya.
  6. Masukan daun pandan dalam rebusan lontong, sebagai pewangi.
  7. Lontong direbus dengan api sedang selama dua jam.
  8. Setelah lontong kenyal dan memadat, angkat dan tiriskan pada posisi berdiri sambil diangin-anginkan. Gunakan wadah yang terbuat dari anyaman atau berlubang agar air terbuang semua.
Demikian cara membuat lontong daun pisang, semoga bermanfaat. Sekedar tips, jangan menggunakan pengawet karena selain tidak sehat, hal ini juga akan membuat rasa lontong menjadi beda. Kekenyalan lontong juga menjadi berbeda.

Related Articles

Cara Membuat Lontong Daun Pisang
4/ 5
Post by

Subscribe

Like this article? Subscribe by email